Visi Program Studi

“Unggul dan terpercaya dalam menyiapkan guru kelas yang profesional dan berakhlak mulia dalam bidang MI/SD berbasis wahdatul ulum – transdisipliner untuk mewujudkan masyarakat pembelajar yang mandiri di tingkat Asia Tenggara tahun 2030”.

Maknanya:

  1. Unggul
    • Alumni Prodi PGMI sebagai Second keahliannya, mampu mengajarkan mata pelajaran agama di Sekolah Dasar dibuktikan dengan beberapa alumni yang bekerja di SD Negeri Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga
    • Alumni Prodi PGMI sudah bekerja sebelum lulus kuliah. Dibuktikan dengan surat keterangan sudah bekerja di MI/SD
    • Lulusan Prodi PGMI sangat diminati lembaga pendidikan atau pengguna jasa pendidikan, sehingga masa tunggu dalam bekerja ≤ 6 bulan.
    • Ketepatan penyelesaian kuliah ≤ 4 tahun dibuktikan dengan melulusukan mahasiswa menjadi sarjana per sekali wisuda sebesar 86,51% atau sebanyak 186 orang bulan Juli 2018.
  2. Terpercaya
    • Peminat Prodi PGMI dari tahun 2013 s/d 2017 mengalami peningkatan dibuktikan dengan data Statistik dari Biro Akademik.
    • Pelayanan yang digunakan Prodi PGMI mengadopsi Layanan Prima (Cepat, Mudah dan Nyaman) ± 15 per satu layanan.
    • Prodi PGMI dipercaya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kab. Deli Serdang untuk menjadi guru relawan sebanyak 106 orang untuk mengisi kekurangan guru di beberapa SD Negeri se-Kabupaten Deli Serdang.
  3. Lulusan yang profesional
    • Bekerja sesuai bidangnya.
    • Memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai yang dibutuhkan
    • Giat bekerja
    • Belajar terus menerus
    • Melakukan Diskusi Ilmiah bersama dosen-dosen Prodi PGMI dua kali dalam satu bulan yang diprakarsai oleh HMJ Prodi PGMI dan didukung oleh Pengelola Prodi PGMI.
  4. Berakhlaq Mulia
    • Menjunjung tinggi perintah agama yaitu melakukan segala badah perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW ditandai dengan hadirnya shalat berjama’ah dan sebagian mereka ada yang tinggal di mesjid-mesjid sebagai imam, khatib dan muazzin.
    • Sopan, ramah, cerdas dan bersahabat dibuktikan dengan selalu bertegursapa dengan dosen, sesama mahasiswa dan menghindari aksi demonstrasi.
    • Suka menolong teman dalam proses kuliah atau di luarnya dan disenangi orang lain yang dibuktikan dengan tidak pernah bermasalah dengan dosen, sesama mahasiswa Prodi PGMI maupun di luar Prodinya. Suka membangun sikap keterbukaan dengan berkonsultasi dengan pihak Prodi PGMI atau dengan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) terkait masalah apa saja yang mereka hadapi. 

Misi  Program Studi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan dasar berbasis wahdatul ulum – transdisipliner.
  2. Melaksanakan penelitian dalam pengembangan teknologi pendidikan dasar berbasis wahdatul ulum – transdisipliner.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar berbasis wahdatul ulum – transdisipliner.
  4. Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak pada tingkat nasional dan global dalam bidang pendidikan dasar berbasis wahdatul ulum – transdisipliner.   

Maknanya:

  1. Melaksanakan perkuliahan yang disesuaikan dengan kurikulum PGMI yang relevan dengan kemajuan zaman. Artinya, muatan keilmuan PGMI sebanyak 98 SKS atau 66,22% dan Melaksanakan perkuliahan keilmuan PGMI sesuai dengan kebutuhan stake holder.
    • Melatih dosen-dosen Prodi PGMI agar semakin professional dalam melaksankan tugas mendidik, mengajar dan memberikan life skill
    • Mendorong dosen-dosen untuk melaksanakan penelitian bersama mahasiswa
    • Melaksanakan pelatihan untuk guru-guru di madrasah Ibtidaiyah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan keilmuan tenaga pendidik, seperti yang dilakukan di MIN Medan Barat tahun 2017 dan diMIN 4 Tanjung Balai untuk guru-guru MI Se-kota Tanjung Balai tahun 2018
    • Membangun kerja sama dengan pihak lain (USAID dan AUSAID dan Tanoto Fundation) dalam hal penignkatan mutu pendidik dan manajerial kepala sekolah/ madrasah.
Tujuan Program Studi
  1. Menghasilkan sarjana pendidikan yang berakhlak mulia dan profesional dalam melaksanakan pembelajaran berbasis wahdatul ulum – transdisipliner.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu melaksanakan penelitian bidang pendidikan dasar berbasis wahdatul ulum – transdisipliner.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu berkontribusi kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tepat guna berbasis wahdatul ulum – transdisipliner.
  4. Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu bekerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan dasar berbasis wahdatul ulum – transdisipliner.