Tranformasi Data Kualitatif dengan NVivo: Panduan Praktis

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan bertajuk “Transformasi Data Kualitatif dengan NVivo: Panduan Praktis” yang dipandu oleh Drs. Rustam, M.A. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pengolahan data kualitatif menggunakan perangkat lunak NVivo, yang semakin penting dalam penelitian pendidikan dan sosial.

Pelatihan ini akan dilaksanakan secara berkala setiap semester, dengan harapan dapat memperkaya kompetensi dosen, mahasiswa, dan peneliti dalam analisis data kualitatif. Drs. Rustam, M.A, sebagai narasumber, memiliki pengalaman luas dalam bidang penelitian dan telah berkontribusi dalam berbagai proyek akademis yang menggunakan NVivo. Dengan pengalamannya, peserta akan diajarkan teknik-teknik praktis dan strategi analisis yang efektif.

Program ini mencakup berbagai topik, mulai dari pengenalan NVivo, pengorganisasian data, hingga teknik analisis lanjutan. Peserta akan diajak untuk melakukan praktik langsung, sehingga mereka dapat memahami dan menerapkan metode yang telah dipelajari dalam penelitian mereka masing-masing. Selain itu, sesi tanya jawab akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendiskusikan tantangan yang dihadapi dalam penelitian kualitatif.

Diharapkan, pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan peserta dalam menggunakan NVivo, tetapi juga mendorong kolaborasi antara mahasiswa dan dosen dalam pengembangan penelitian. Dengan meningkatnya kualitas penelitian, diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Kami mengajak seluruh civitas akademika dan peneliti untuk mengikuti pelatihan ini. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan jadwal kegiatan dapat diakses melalui situs resmi Program Studi PGMI UIN SU Medan. Mari bersama-sama tingkatkan kemampuan analisis data kualitatif kita demi kemajuan penelitian di tanah air.